tampak depan rumah minimalis
Tampak Depan Rumah Minimalis
Desain rumah minimalis merupakan dambaan hampir setiap orang untuk memilikinya. Namun banyak yang tidak tahu cara mendesain rumah tanpa melibatkan arsitek ataupun jasa desain rumah. Kita tahu bahwa rumah selain sebagai tempat tinggal suatu keluarga, juga dijadikan sebagai asset oleh sebuah keluarga tersebut. Oleh karenanya banyak orang berusaha membuat rumah mereka menjadi sebuah rumah minimalis yang elegan dan asri.

Pada dasarnya sebuah rumah tentu berbeda dari segi desain maupun tampak depannya. Sebuah rumah memiliki desain tampak depan yang masing-masing berbeda antara satu dengan yang lainnya. Mulai dari modelnya hingga tampilan atapnya. Fasad atau tampak depan suatu rumah minimalis tentu sangat penting diperhatikan, karena cantik tidaknya sebuah rumah dapat dilihat dari desain fasadnya. Dengan desain tampak depan yang asri, maka rumah anda akan menjadi rujukan banyak orang dan sering diperbincangkan. Tentu ini merupakan kebanggaan tersendiri, bukan?

Nah, bagaimana cara kita mendesain tampak depan sebuah rumah minimalis? Apa yang harus kita perhatikan? Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Ornamen.
Tampilan tampak depan sebuah rumah minimalis selalu identik dengan permainan ornament yang sederhana. Ornamen pada rumah minimalis biasanya selalu berbentuk garis vertical ataupun garis horizontal. Dengan permainan garis ini, maka akan membuat rumah anda terlihat indah.

3. Memakai Bahan Beton.
Untuk membuat ornament rumah minimalis biasanya menggunakan bahan material terbuat dari beton. Ini akan bukan hanya membuat rumah terlihat lebih kokoh, tapi juga lebih simpel dan sederhana. Kita tahu bahwa rumah minimalis identik dengan kesederhanaan, namun justru inilah yang membuat desainnya menjadi unik dan menarik.

3. Pemilihan Warna.
Warna cat rumah minimalis biasanya menggunakan warna-warna kontras seperti merah, kuning, biru, orange dan sebagainya. Namun perletakan warna ini tidak dipoles pada bagian dinding yang lebar. Pemakaian warna kontras ini hanya ditempatkan pada elemen-elemen tertentu saja seperti ornament vertikal ataupun horizontal. Juga pada bagian-bagian tertentu yang menjadi center point bagi tampak depan rumah tersebut.
   
4. Permainan Dimensi Tampak Depan
Yang dimaksud permainan dimensi tampak depan disini adalah permainan maju mundurnya posisi tampak depan rumah minimalis tersebut. Jadi untuk membuat rumah menjadi unik dan cantik, maka pada bagian tertentu posisinya dibuat lebih maju ke depan dan bagian yang lainnya mundur. Jadi tampak depannya tidak berupa garis lurus saja yang tentunya membuat tampilannya jadi monoton.

5. Material Lantai.
Untuk pemilihan material lantai, untuk memunculkan kesan minimalis, sebaiknya Anda menggunakan keramik yang polos atau sedikit memiliki corak. Hal ini karena corak keramik selalu identik dengan style rumah tradisional ataupun klasik. Jadi bila keramiknya bercorak, maka tidak “mecing” dengan unsur minimalis yang berusaha kita hadirkan.


6. Bentuk Jendela.
Untuk bentuk jendela rumah minimalis, anda dapat membuat jendela dengan menggunakan material kaca dan aluminium sebagai framenya. Hindari penggunaan kayu untuk kusennya karena kayu identik dengan style rumah klasik ataupun tradisional. Namun bila rumah Anda sudah memakai kusen kayu, sebaiknya diberi warna dengan warna gelap yang tidak menonjolkan unsure kayu kusen tersebut.

7. Hadirkan Batu Alam
Batu alam sebenarnya bukan merupakan bagian dari style rumah minimalis. Namun penggunaan batu alam sangat perlu untuk member sentuhan sejuk pada tampilan tampak depannya. Hal ini karena ornamen beton dan material modern yang mendominasi tampak depan, butuh kehadiran ornament yang natural agar suasana yang terbentuk lebih teduh dan sejuk. Nah, batu alam dibutuhkan untuk itu. Pergunakanlah batu alam untuk bagian-bagian tertentu pada tampak depan rumah. Jangan berlebihan karena ini bisa membuat kesan rumah minimalis yang kita inginkan jadi hilang.

8. Tanaman hias.
Kehadiran tanaman hias pada halaman rumah akan menghadirkan kesan nyaman dan sejuk. Pilihlah tanaman yang gerak pertumbuhannya tidak mengembang ke samping, tapi lurus ramping ke atas.

Agar desain tampak depan rumah anda terlihat semakin menarik dan terkesan luas, gunakanlah warna putih atau putih abu-abu untuk dinding tampak depan keseluruhannya. Hindari warna hitam ataupun merah untuk seluruh dinding. Ingat, warna kontras hanya digunakan untuk polesan pada ornament tertentu saja. Warna teduh seperti putih atau abu-abu akan membuat atmosfir rumah Anda akan terasa sejuk dan nyaman. Hal ini karena desain tampak depan suatu rumah akan mencerminkan isi di dalamnya. Jika rumah terlihat nyaman, maka bisa dipastikan di dalam rumah itu juga nyaman.

Demikian tips singkat bagaimana mendesain tampak depan rumah minimalis. Semoga ide kreatif ini bisa menginspirasi Anda dalam menghadirkan desain tampak depan yang cantik dan asri.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini dan tentu saja gratis, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di yeastinfectionnomorepdf

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan